Home » » HaZops K3

HaZops K3

Written By Unknown on Senin, 09 Juli 2012 | 05.08

Air forced cooling (Pendinginan)

Dalam tahap ini dilakukan setelah tahap sterilissi. Pendinginan digunakan untuk mempertahankan kesegaran dan mutu bahan pangan selama dan sebaik mungkin. Pengawetan/pengolahan bahan pangan juga bertujuan untuk menghambat atau menghentikan kegiatan zat-zat dan mikroorganisme yang dapat menimbulkan pembusukan dan kerusakan.
Tujuan penyimpanan :
agar makanan yang dikalengkan tidak berubah kualitasnya maupun kenampakannya sampai saat akan diangkut / dipasarkan. Suhu penyimpanan yang dapat mempertahankan kualitas bahan yang disimpan adalah 15 derajat celcius.
Suhu penyimpanan yang tinggi dapat mempercepat terjadinya :
-                    korosi kaleng
-          perubahan tekstur, warna, rasa serta aroma makanan kaleng

Hazard and Operability Study

Devisiasi
Penyebab
akibat
safeguard
tindakan
Less temperatur
Pipa Penyalur pendingin mengalami kebocoran dan alat pengontrol pendingin tidak berfungsi
Kalor tidak diserap oleh dinding silinder dan bagian-bagian lainnya  dan mengakibatkan korosi pada makanan kaleng
pasang alat pendingin cadangan, pemeriksaan secara berkala.
Shut down dan lakukan pengelasan pipa dan jika alat pendingin tidak berfungsi lakukan perbaikan.
No temperatur
Pompa air pendingin tidak bekerja atau rusak, pipa penyalur air pendingin tersumbat, tangki penampung air pendingin kosong, air pendingin membeku
Air pendingin tidak bersikulasi.
Pemeriksaan pada pipa-pipa penyalur air pendingin meliputi pemeriksaan korosi, kebocoran, kotoran pada pipa, sambungan pipa, dan perubahan bentuk pipa
Penggantian komponen yang sudah tidak layak pakai dan komponen yang mempunyai jangka waktu pemakaian.
More speed
Terjadi konsleting pada alat pemutar sehingga putaran tidak terkendali
Pendinginan tidak merata dan kurang sempurna sehingga mempengaruhi mutu hasil produksi,
Kipas udara bisa terlepas dari porosnya
Pasang alarm yang dapat mendeteksi konsleting mesin
Melakukan perbaikan pada bagian-bagian yang membutuhkan perbaikan.
No flow
     Air pendingin tidak bersikulasi, temperatur air pendingin yang masuk ke mesin diatas 60 derajat celcius, laju air pendingin terlalu lambat.
Mesin mati akibat overheat
Dan mesin bisa meledak.
Pasang alarm dan lakukan pengecekan berkala
Melakukan overhaul untuk membersihkan bagian atau komponen dari sistem pendingin
Less speed
Pemutar kipas udara kotor dan kekurangan pelumas
pendinginan kurang sempurna bahkan terlalu lama sehingga akan memakan banyak waktu
Pengecekan secara berkala dengan memberi pelumas dan pembersihan mesin dalam setiap bulan/minggu.
Memberi pelumas dan memperbaiki bagian lain yang rusak akibat dampak dari pemutar kipas udara kotor dan kekurangan pelumas

Pembahasan :
v  temperatur suhu berkurang yang disebabkan oleh pipa penyalur pendingin mengalami kebocoran dan alat pengontrol pendingin tidak berfungsi dan berakibat pada mesin pendingin kalor tidak diserap dengan sempurna oleh dinding silinder dan bagian-bagian lainnya dan dampak kepada kaleng akan cepat korosi pengamanan yang harus dilakukan adalah dengan memasang alarm dan melakukan pemeriksaan berkala dan apabila terjadi kebocoran shut down dan lakukan pengelasan pipa dan jika alat pendingin tidak berfungsi lakukan perbaikan.
v  Temperatur tidak ada dapat disebabkan oleh pompa air pendingin tidak bekerja atau rusak, pipa penyalur air pendingin tersumbat, tangki penampung air pendingin kosong, air pendingin membeku yang akan berakibat pada air pendingin tidak bersikulasi, untuk menjaga keamanan sebaiknya periksa pada pipa-pipa penyalur air pendingin meliputi pemeriksaan korosi, kebocoran, kotoran pada pipa, sambungan pipa, dan perubahan bentuk pipa dan tindakan yang harus dilakukan apabila sudah terjadi adalah dengan mengganti komponen yang sudah tidak layak pakai dan komponen yang mempunyai jangka waktu pemakaian.
v  Kecepatan berlebih yang disebabkan oleh konsleting pada alat pemutar sehingga putaran tidak terkendali dan akan menyebabkan pendinginan tidak merata dan kurang sempurna sehingga mempengaruhi mutu hasil produksi, kipas udara bisa terlepas dari porosnya, untuk pengamanan pasang alarm yang dapat mendeteksi konsleting mesin dan tindakan yang harus dilakukan apabila terjadi konsleting adalah melakukan perbaikan pada bagian-bagian yang membutuhkan perbaikan.
v  Tidak bekerjanya mesin yang disebabkan oleh air pendingin tidak bersikulasi, temperatur air pendingin yang masuk ke mesin diatas 60 derajat celcius, laju air pendingin terlalu lambat dan akan mengakibatkan mesin mati akibat overheat dan mesin bisa meledak, pengamanan yang harus dilakukan adalah dengan Pasang alarm dan lakukan pengecekan berkala dan jika mesin tidak bekerja maka lakukan overhaul untuk membersihkan bagian atau komponen dari sistem pendingin.
v  Kecepatan kipas berkurang yang disebabkan oleh pemutar kipas udara kotor dan kekurangan pelumas dan akan berakibat pada pendinginan kurang sempurna bahkan terlalu lama sehingga akan memakan banyak waktu, pengamanan yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan secara berkala dengan memberi pelumas dan pembersihan mesin dalam setiap bulan/minggu dan apabila kipas udara kotor dan kurangnya pelumas maka tindakan yang harus di lakukan adalah dengan memberi pelumas dan memperbaiki bagian lain yang rusak akibat dampak dari pemutar kipas udara kotor dan kekurangan pelumas.




Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Duniaku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger